Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Secara Akurat



Bagi pecinta dan peternak lovebird, membedakan lovebird jantan dan betina adalah hal yang sangat penting, dan sebenarnya perbedaan lovebird jantan dan betina itu sangat mudah untuk diketahui. Hal yang sama juga berlaku untuk semua jenis burung, mengetahui jenis kelamin burung sebelum memutuskan untuk meminangnya bertujuan agar kita dapat dengan tepat membeli burung dengan jenis kelamin sesuai dengan kebutuhan, apakah untuk ternak, maupun untuk burung kicau. Namun kali ini saya akan membahas secara rinci cara membedakan antara lovebird jantan dan betina.
Tiap orang pasti mempunyai cara sendiri bagaimana cara membedakan antara lovebird  jantan dan betina, namun kali ini saya akan memberikan cara membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina secara akurat.
Membedakan lovebird jantan dan betina, sebenarnya gampang-gampang susah, dikarenakan banyak jenisnya, untuk jenis tertentu mungkin mudah, dan jenis yang lainnya agak susah. Diantara keduanya, yang paling sulit adalah membedakan kelamin lovebird yang masih anakan, dikarenakan bentuk tubuh yang belum terlihat signifikan. 
Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina


Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang saya gunakan ada 2 cara, yaitu cara sederhana dan cara ilmiah.

Untuk perbedaan lovebir jantan dan betina yang berdasarkan penampilan luarnya, dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu.
1. Lovebird kelompok dimorfik ( Lovebird dengan jenis kelamin jelas, dan mudah dibedakan )
2. Lovebird kelompok Intermediate ( Dari penampilan burung, jenis kelamin sulit dibedakan )
3. Lovebird kelompok kacamata ( Perbedaan jenis kelamin tidak konsisten )
  
Dengan catatan dari ketiga kelompok tersebut, bisa dibedakan dengan melihat fisik atau tampilan luarnya. Membedakan lovebird jantan dan betina dengan melihat dari luanya, merupakan solusi terbaik untuk mengetahui jenis kelaminnya. Untuk lovebird kelompok dimorfik  antara lain : Lovebird Abisina ( Agapornis Taranta ) , Lovebird Madagaskar ( Agapornis Cana ) dan Lovebird muka merah ( Agapornis Pullaria ) , sangat jelas perbedaan antara jantan dan betina, hanya dengan melihat tampilan luar/fisik.

Untuk kelompok lainnya, seperti jenis Lovebird Black Collared ( Agapornsi Swinderniana ), untuk membedakan jantan dan betina sangat sulit dilakukan jika hanya dengan melihat tampilan luarnya saja, meskipun pada umumnya lovebir betina dapat dibedakan dengan melihat bulu dibagian kepala dengan warna yang lebih pucat.

Sekarang kita akan membahas perbedaan lovebird jantan dan betina untuk empat jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok lovebird kacamata, 4 jenis lovebird tersebut antara lain adalah : Lovebird Kacamata/Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae), Lovebird Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis), Lovebird Topeng (Agapornis Personata) Dan Lovebird Fischer (Agapornis Ficheri). Dari keempat jenis lovebird ini agak sulit untuk membedakan jantan dan betina, dikarenakan mempunyai tampilan yang nyaris sama antara lovebird jantan dan betina. Perbedaan antara betina dan jantan bisa diketahui dengan berat badan antara keempat jenis lovebird ini, untuk lovebird betina sendiri mempunyai keunikan yaitu ketika akan berkembang biak, lovebird betina ini akan membawa bahan sarang di bawah bulu tunggir dan bulu punggung bagian bawah.
Kumpulan Lovebird Yang Belum Diketahui Jenis Kelaminnya


Cara membedakan lovebird jantan dan betina dengan melihat tampilan luarnya dan karakter tingkah laku, cara ini banyak dilakukan oleh para penangkar burung professional, dan mempunyai tingkat akurasi yang tinggi mencapai 90%. Berikut ini merupakan cara membedakan kelamin jantan dan betina lovebird kacamata jantan.

1. Bagian kepala terlihat lebih kecil bulat namun rata (bahasa jawa papak pada bagian atas )
2. Paruh terlihat lebih kecil dan relatif kering
3. Tubuh terlihat lebih kecil dari kelompok sejenisnya
4. Supit urang akan terlihat lebih rapat lebih keras dan letaknya lebih dekat ke pangkal ekor.
5. Waktu bertengger kakli terlihat lebih rapat
6. Jika dipegang, lovebird kacamata jantan badannya enteng, tidak berisi
7. Pada saat birahi, lovebird kacamata jantan ini mempunyai perilaku terlihat seperti akan meloloh ( mengangguk-anggukkan kepala seperti mau mengeluarkan makanan dari paruh)
8. Ngekek pendek
9. Perilaku lebih agresif

Ciri-Ciri lovebird kacamata betina
1. Kepala terlihat lebih besar dan menonjol keatas
2. Ukuran paruh lebih besar dan relatif terlihat basah
3. Ukuran tubuh terlihat lebih besar dari kelompok sejenis
4. Pada ekor akan membentuk “U”
5. Kondisi supit urang (tulang pubis) akan lebih rapat, lebih lebar dan lebih dekat ke tulang dada bagian bawah.
6. Ketika bertengger akan terlihat jarak kaki lebih lebar
7. Jika dipegang, tubuh kenari kacamata betina, akan lebih berisi dan berbobot
8. Pada waktu birahi akan berperilaku membuka-buka sayap
9. Ngekek lebih panjang ( cerewet )
10. Perilaku lebih tenang dan bermalas-malasan

Ciri yang paling mudah dilihat dan signifikan adalah cara bertengger lovebir kacamata itu sendiri, untuk lovebird betina jarak antar kaki akan lebih lebar dari lovebird jantan. Dengan mengetahui ciri-ciri lovebird jantan dan betina, maka yang paling bagus untuk dilakukan perawatan/disetting untuk lomba adalah lovebird betina, karena sifatnya yang crewet/ngekek terus menerus. Namun ciri-ciri diatas merupakan cara membedakan dengan ukuran-ukuran yang relatif, pastinya setiap orang mempunyai cara membedakan yang berbeda, tergantung dari jam terbang dan pengalamannya.

Demikian cara membedakan lovebird jantan dan betina.

3 Responses to "Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Secara Akurat"